Sabtu, 07 September 2013

Lo-Fi Music

 Lo-fi (low fidelity) adalah sebuah trend atau gaya bermusik yang dianut oleh band-band indie. Awalnya lo-fi ini muncul karena kurangnya dana dari musisi untuk memakai equipment yg bagus atau yang memenuhi standar dalam rekaman. Jadi hasil dari rekaman memiliki sound yg tidak jelas dan banyak noise yg terdengar, bisa dibilang kualitas rekamannya rendah, tapi meskipun demikian hal ini kemudian malah menjadi trend di tahun 80an di kalangan band-band indie Amerika, sebut saja Pavement dan Guided by Voices yang menjadi pioneer lo-fi. Trend lo-fi kemudian berkembang sampai sekarang dan banyak band indie terutama band indie beraliran rock yang turut mengusung lo-fi sebagai gaya bermusiknya. Berikut beberapa band yang mengusung lo-fi sebagai gaya bermusiknya.

1. Pavement



Band indie rock asal Amerika tahun 80an akhir ini merupakan salah satu band yang menjadi pioneer lo-fi. Band ini mulai terkenal lewat single mereka di tahun 90an yang berjudul Cut Your Hair.

2. Guided by Voices



Selain Pavement, Guided by Voices juga merupakan pioneer lo-fi. Dengan mengusung aliran rock, band indie asal Amerika tahun 80an ini sukses membuat lo-fi menjadi sebuah trend musik. Coba saja dengar lagu mereka yang berjudul I am Scientist dan Game of Pricks.

3. Sebadoh



Sebadoh,band yang juga digawangi oleh Lou Barlow member Dinosaur Jr ini merupakan band lo-fi yang juga seangkatan dengan band-band lo-fi sekelas Pavement dan Guided by Voices. Ocean, On Fire dan Skull mungkin bisa jadi referensi anda untuk mulai mendengar band asal Amerika ini.

4. Neutral Milk Hotel


Buat yang suka musik bergenre folk dan juga penasaran dengan gaya bermusik lo-fi, maka band asal Amerika ini harus anda dengar. In The Aeroplane Over The Sea, King of Carrot Flowers Part One dan Holland, 1945 mungkin bisa membuat anda menyukai band yang terkenal lewat album In The Aeroplane Over The Sea ini.


5. The Pains of Being Pure at Heart



The Pains of Being Pure at Heart merupakan salah satu band yang cukup menarik perhatian di pitchfork. Bagaimana tidak,siapa yang tidak tertarik dengan lagu-lagu yang mereka ciptakan, dengan musik khas noise pop ditambah vokal dari Kip Berman dan Peggy Wang membuat lagu yang dihasilkan band indie asal Amerika ini sangat menarik untuk didengar. A Teenager In Love, Come Saturday dan Young Adult Friction wajib kalian dengar.

6. Beach Fossils



Beach Fossils adalah band indie rock dengan gaya lo-fi di edisi milenium, band asal Amerika ini juga tidak kalah bagusnya dengan pendahulu band-band lo-fi. Coba dengar lagu mereka yang berjudul Clash The Truth, Daydream dan Shallow.

7. Wild Nothing



Shadow dan Nocturne adalah lagu yang harus kalian dengar dari band indie rock asal Amerika yang juga  mengusung lo-fi sebagai gaya bermusik mereka.

8. Veronica Falls


Veronica Falls,band indie pop yang lagi naik daun asal Inggris ini wajib anda dengar, selain mengusung musik pop, band ini juga turut mengikuti gaya bermusik ala lo-fi. Teenage, Waiting for Something to Happen dan Starry Eyes adalah lagu favorit saya dari band yang khas dengan gaya vintage-nya ini.

9. Best Coast



Band surf-rock yang terkenal lewat single When I'm With You dengan mv ala McDonald yang menarik ini bisa jadi referensi buat anda yang senang mendengar band-band lo-fi zaman sekarang.

10. The Cribs



The Cribs ! Band garage rock asal Inggris ini salah satu band yang cukup hebat karena Johnny Marr sang gitaris band legenda The Smiths pernah menjadi member dari band ini. Ke-lo-fi-an band Jarman bersaudara ini bisa anda dengar di lagu Be Safe, Anna dan Arena Rock Encore with Full Cast tapi lagu-lagu mereka yang lain wajib anda dengar juga seperti We Share The Same Skies, Leather Jacket Love Song, You Were Always The One dan You're Gonna Lose Us.

Sekian info yang bisa saya berikan tentang lo-fi semoga infonya bisa bermanfaat. Happy listening :)

2 komentar:

  1. Dulu awal kenal dengan musik indie lo-fi karena baca blog ini. tp kok blog ini sdh jarang aktif menulis lagi ya?

    BalasHapus